[Dari Sabrank Suparno, Fikri. MS sampai Wong Wing King]
Nurel Javissyarqi
Sudah beberapa hari ini aku berada di Jombang, padahal rencananya paling banter dua atau tiga hari. Beginilah keadaanku kala berkelana, seperti udara diterbangkan angin ke mana sesukanya, tiada lebih diriku sewaktu di rumah. Ku bebaskan alam pikir-kalbu mengikuti arus tak terlihat, sericikan ombak kehidupan berjuta jumlah, dan setiap partikel terkecil menentukan aura. Daun-daun, burung-burung, bergerombol awan bertumpuk-tumpuk kadang menipis sesuai tarian bayu berdendang, berdentaman ke dasar jiwa.
Mungkin kesukaanku pada dua perkara; membaca dan menulis; menyimak buku, peredaran alam, gerak hayati, lajuan bertumbuh pula kelayuan. Semuanya kurasai sebadan bersandaran ketenangan, belajar menggali ikhwal ribuan makna, membongkar batu-batu cadas pengertian. Aku jadi teringat para ibu pemukul batu-batu di Gunung Kidul, penjual kerupuk berjalan kaki, pedagang almari dengan pikulan kayu, doanya perbuatan. Menjajakan yang dibawanya dengan kembalian tak memaksa, hanya ketenangan rahayu teridam, sekehendak pada alam keabadian.
Pagi ini aku kembali bertepatan di rumah Sabrank, desa Dowong, Plosokerep, Sumobito, yang kesehariannya bekerja ke sawah, dia tak lebih pantulan jiwa revolusioner Emha Ainun Nadjib, tetangga desanya, Mentoro, Sumobito, Jombang. Sejak belia dia sudah kerap mendengar kata-kata Emha, atau malahan jarang membaca karya-karyanya, seperti murid belajar langsung. Ucapan Cak Nun, tak kurang sama di buku-bukunya yang dikemudian hari dijumpainya.
Sabrank Suparno, awal mula kukenal seorang pembaca cerkak (cerito cekak atau cerpen berbahasa Jawa) yang handal, seperti petuah-petuah orang dulu. Jiwa tuturnya tak sebentuk menggurui, tetapi dengan langgam penceritaan sindiran, paribasan, membuat orang terheran-heran. Jikalau melihat perbedaan insan jaman sekarang yang banyak melupakan kebudayaan leluhur, dialah salah satu penguri-uri budaya. Aku bersyukur, dia mulai merambah ke kancah susastra Indonesia, sehingga kita mengetahui jawilan-jawilan kecil bak mutiara keringatnya.
Kukira keberangkatannya menapaki jalan kepengarangan lewat cerkak, tumbuh sejiwa berontak disamping menta’ati tradisi. Atau berkehendak melapangkan keduanya, dalam menggenapi usia kehadiran pribadi sebagai manusia Jawa mengenali bahasa Indonesia. Di lihat tulisannya makin membeludak, sedang buku-buku perpustakaan pribadinya tidak seberapa, atau bisa dikata lebih banyak baca realitas; bencah kebijakan, hijau pepadian perkaya pikiran, hujan lebat kegalauan menentukan pilihan tahap penelitannya, mendung bergayuh harapan kelam. Namun ada secercah cahaya di sela-sela gemawan, matahari keyakinan diberangkatkan dari kemauan, hasrat tak ingin tertinggal dari jauh.
Entah apa dipikir mengenai alam penulisan, kemungkinan bukan ketenaran, apalagi kekayakan, tidak. Dia telah berkelana ke pulau dewata Bali hingga plosok-plosoknya, Madura, dan dataran tanah Jawa sudah dihatamkannya. Mungkin segenap jiwa-raganya dipersembahkan demi nilai-nilai adiluhung terserap, sekaligus menyerap jati dirinya tetap kokoh di bumi kelahiran, sejauh kalimatnya mampu meresapi kalbu pembaca.
Sabrank sekadar lulusan Aliyah setingkat SMA, maka sangat memalukan, jika ada mahasiswa kurang bisa menulis. Alam pendidikan kelak benar-benar menuju titik kehancuran, kalau tidak pandai mengamalkan segenap keilmuannya, hanya berpelesiran dari desa ke kota, adu gengsi gagah-gagahan, atau hanya mampu mengadopsi teori pula mazhab aliran dari negeri jauh yang jelas tidak dapat mengakar di bumi Nusantara.
***
Minimal beberapa hari ini di Jombang, aku coba meresapi pelbagai kemungkinan ke depan; pertama membakar gairah kawan Fikri MS., kelahiran Muara Enim, Sumatera Selatan, 12 November 1982 yang lulus kuliah di STKIP Jombang, yang bertemu dengannya di malam pementasan teater bertajuk “Elegi Sebuah Negeri.” Serta memberi usulan spasi pada nama cerpenis Wong Wing King, kelahiran Jombang jebolan UNDAR.
***
Penyair Fikri. MS yang aktif di teater, menceritakan hari-harinya disibukkan kegiatan komunitas, sehingga sedikit waktu luang berkarya tulis, meski berbakat kesastrawian. Semoga sekembalinya dari Jawa, ada ruang-waktu khusyuk mengudar segenap pengalamannya demi dibentuk gugusan karya, berangkat dari realitas ditempa bacaanya. Setidaknya ia sudah menancapkan ruh semangat di Komunitas Sanggar Teater Gendhing di Muara Enim, yang digagas bersama kawan-kawannya semenjak 18 Agustus 2008 sampai sekarang menggeliat. Tampangnya, mengingatkan aku pada kawan Marhaliam Zaini asal Riau, yang berkacamata penuh selidik memandangi atau membaca para pendahulu demi ditumpahkan dalam karya yang menyatu sejiwa-raga, seperti percampuran ruh di ubun-ubun seniman.
***
Cerpenis Wong Wing King yang sebelumnya membentuk Sanggar Sinau Lentera, kini jadi Lentera Sastra Sepuluh. Juga menggagas Komunitas Teater Sanggar Seni Mentari Indonesia, dalam lingkungan UNDAR. Sosoknya malu-malu tapi haus belajar disamping dirinya pengajar, sehingga ringanlah kakinya melangkah, menambah wawasan di manapun dalam jangkauannya. Namanya mengingatkan aku pada buku “Pelita Hidup” disusun Moerthiko, penerbit Sekretariat Empeh Wong Kam Fu tahun 1979, yang diprakatai Empeh Wong Kam Fu sendiri. Lagian tidak keliru, Wong Wing King (dalam bahasa Jawa bermakna Orang di Belakang) pula berdarah turun Cina atas silsilah dari Kediri.
***
Malam itu di kampus AMIK Jombang, digelar acara rutin setiap tanggal 10an pengajian sastra, yang membedah salah satu cerpennya. Lantas diriku teringat rutinitas dulu di Lamongan, yang rutin pula menampik tulisanku untuk dibedah, sampai jadi buku. Hanya satu esai yang dibahas pun sebatas permukaan, padahal sudah kufotokopi di setiap acara bulanan. Entah imbas apalah, acaranya tidak berjalan lancar hingga lima tahun dari sekarang, dan sepertinya mulai diaktifkan kembali, mungkin juga tak lama.
***
Acara di AMIK tidak tampak bebentuk senioritas, sehingga memudahkan bertukar pengalaman, maka diriku tak segan mengajukan usul agar bulan depan karyaku dibahasa, dan aku bersyukur diterima dengan tangan terbuka. Ya, semoga ajek menimba keilmuan di Jombang, meski jarak Lamongan-Jombang lumayan membuat pegal, tapi kukira ini baik daripada membaca-menulis dalam kamar sedirian, yang menimbulkan minimnya kontrol. Setidaknya, atas bacaan kawan-kawan, kelak beberapa kekurangan akan terketahui atau guna ditambal di dalam perevisian.
***
Gejala kemandekan acara rutin kegiatan sastra biasanya tak ditopang penambahan bacaan para peserta, maka berputar itu-itu saja kajiannya dari waktu sudah-sudah. Rupa-rupa ini barangkali berasal sikap kegantengan, tapi dalam pancapain keilmuan tidak tampak peningkatan, biasanya sebagai gong penutup seolah berbijak rasa menampung jalannya diskusi. Padahal kedatangan para peserta diniatkan menimba keilmuan saling mengisi, bukan adu mulut tanpa referensi.
Sangat disayangkan, jika para pelaku sastra di Lamongan tidak terus sinahu, tapi masih suka disebut-sebut, apalagi bangga dimasukkan dalam antologi Jawa Timur, tapi tak mencerminkan tanjakan, padahal usia terus bertambah. Kukira ajaran ini masih patut didengungkan; “mencari ilmu sampai ke liang lahat.” Namun aku bersyukur, masih ada beberapa yang mau berdiskusi sepadan, meski di waktu-waktu kebetulan; Rodli TL., Imamuddin SA, Agus B. Harianto, dan Denny Mizhar, AS. Sumbawi sepulang dari Malang, Haris Del Hakim dari Surabaya. Sehingga mengurangi kecelakaan pula kebelusuknya tilikan tengah terbangun diatas masing-masing, yang diharapkan paparan terkemuka melalui jalan lurus mencerahkan.
Bulan Januari 2011.
http://sastra-indonesia.com/2011/01/belajar-sastra-lokal-ala-saipi-angin/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar